Pages

Portal Berbagi : Contoh Makalah, Contoh Surat, Contoh Proposal dan Materi Agama, Sejarah, dan contoh artikel

Contoh Pidato Terbaik

Contoh Pidato - Pidato adalah tindakan atau sikap berbicara di depan umum yang bertujuan untuk memberikan gambaran akan sesuatu hal. Namun bisa juga digunakan untuk menyampaikan suatu pendapat dalam suatu kegiatan atau acara. Pidato biasanya dibawakan oleh seseorang yang memiliki kemampuan berbicara yang baik di depan umum dan pendengar yang banyak. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekpresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri dalam menyampaikan isi pidato agar orang yang melihat dan mendengar pidato tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang disampaikan.

Contoh Pidato yang Baik

contoh pidato
Contoh Pidato yang Baik
Pada umumnya pidato yang baik terdiri atas 3 bagian , yaitu: (1) Pendahuluan - bagian pendahuluan memuat salam pembuka, ucapan terima kasih (bila ada yang diberi ucapan), dan kata pengantar untuk menuju kepada isi pidato; (2) Isi - bagian ini memuat uraian pokok yang terdiri atas topik atau pokok utama dan sub-subtopik yang memperjelas atau menghubungkan dengan topik utama; dan (3) Penutup - bagian penutup memuat kesimpulan, harapan (bila ada), dan salam penutup. Setelah dipaparkan sedikit tentang pidato, berikut ini kami akan memaparkan lagi beberapa contoh pidato yang baik.

Pidato Tentang Lingkungan

contoh pidato
Contoh Pidato tentang Lingkungan
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Ibu kepala sekolah beserta staf guru dan tata usaha. Yang terhormat teman-teman siswa SMA Negeri 01 Tanjung dari kelas X sampai kelas XII.

Sebelum saya memulai untuk memberikan sebuah pidato, saya ingin mengajak kalian semua untuk bersyukur kehadirat Allah yang maha kuasa, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya, sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang diberkati ini. Dan juga saya tidak lupa untuk memanjatkan sholawat dan salam untuk nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari jaman kegelapan ke zaman yang terang benerang seperti yang kita nikmati sekarang. 

Hadirin yang terhormat

Pada hari ini, di kesempatan emas ini, saya ingin menyampaikan sebuah pidato tentang “lingkungan kita”. Pidato yang saya akan sampaikan merupakan keluh hati saya terhadap lingkungan yang semakin hari semakin tercemar. Semoga di moment hari lingkungan hidup yang jatuh pada hari ini, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk menjaga lingkungan yang selama ini menjaga kita.

Sandar atau tidak, kita hidup di dunia ini bergantung pada lingkungan, kita minum air yang bersumber dari lingkungan kita, kita menghirup udara yang bersumber dari lingkungan kita, kita makan makanan yang bersumber dari sumber makanan yang hidup dan ditanam dari lingkungan kita. Lingkungan kita mempunyai pengaruh yang besar untuk kehidupan kita seakan lingkungan berarti hidup kita. Oleh karena itu baik atau buruk lingkungan secara langsung akan berpengaruh terhadap baik-buruknya kehidupan kita khususnya.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika hidup terasa hijau karena masih banyak pohon yang terdapat di lingkungan kita. Tetapi lihat lah sekarang, pohon-pohon itu telah berkurang dan nyaris tiada. Kehijauan hidup kita terganti dengan kepulan Carbon Monxida yang tidak bisa dirubah menjadi Oksigen karena pohon-pohon tiada.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika kita bisa bernapas lebih dalam tanpa ada bau polusi yang menyerbak menyakiti paru-paru kita. Tetapi bernapaslah sekarang, udara nan sejuk-bersih itu telah terkontaminasi oleh asap dan polusi. Kesejukan udara yang dulu akrab dengan hidung kita, kini terganti dengan bau busuk polusi sumber dari moderenisasi yang tidak bersahabat dengan lingkungan.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika setiap langkah yang kita tempuh, terlihat bersih tanpa adanya sampah yang merusak pandangan mata. Tetapi melangkah lah sekarang, tanah yang dulu bersih nan subur sekarang tertimbun sampah busuk yang sudah seperti teman di setiap perjalanan. Kesuburan yang dulu diandalkan pun kini tinggal legenda usang tak yang terabaykan. 

Hadirin yang terhormat

Saya yakin pengalaman-pengalaman itu pernah dialami oleh semua orang di sini. Sadarlah, keruasakan itu kita semua lah penyebabnya. Jika kita terus mengabaikan itu, bencana yang kita tidak pernah bayangkan akan pasti datang mengingatkan. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki lingkungan kita? Saya berdiri di sini bukan hanya untuk mereport kondisi miris-kritis lingkungan kita saja, saya pribadi juga ingin mengajak untuk melakukan beberapa tidakan yang sebenarnya kecil dan mudah kita lakukan. Dimulai dengan memilah sampah dan membuangnya pada tempat seharusnya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menghemat listrik serta menanam pohon sebagai investasi hidup anak cucu kita selanjutnya. Hal-hal tersebut ayo kita bina dari sekarang. Hal-hal kecil tersebut merupakan investasi besar untuk generasi mendatang.

Cintailah lingkungan kita sebagaimana kita mencintai hidup dan masa depan kita. Sebenarnya itu yang saya ingin ungkapkan. Pidato yang saya sampaikan bukanlah apa-apa dibandingkan tindakan kita selanjutnya. Terima kasih banyak atas perhatiannya, mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
========================================================================

Pidato Tentang Pendidikan

contoh pidato
Contoh Pidato tentang Pendidikan
Assalamualaikum, Wr. Wb.

Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 01 Tanjung, semua guru dan staf administrasi SMA Negeri 01 Tanjung dan semua teman-teman ku dari kelas X sampai XII.

Sebelum saya menyampaikan sebuah pidato, saya ingin mengajak kalian untuk bersyukur ke hadiarat Allah yang maha kuasa, yang telah memberi kita rahmat dan hidayah, sehingga kita bisa bertemu bersama di tempat yang di berkati ini. Dan juga saya tidak lupa untuk menyampaikan sholawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari kegelapan ke ke zaman terang benerang, sehingga kita selalu berada di jalan yang benar.

Tentu beragam alasan dan pendapat akan muncul ketika kita mendengar pertanyaan "penting kah belajar bahasa inggris?"  Tentu ada yang bilang belajar bahasa inggris itu penting dengan berbagai macam alasan dan pendapatnya dan juga ada yang berpendapat belajar bahasa Inggris kurang penting bahkan tidak penting dengan berbagai macam alasan dan pendapatnya. Menurut anda, penting kah belajar bahasa Inggris?

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk membawakan pidato mengenai "Penting kah Belajar Bahasa Inggris?" 

Hadirin sekalian

Berangkat dari sebuah pertanyaan mengenai "penting kah belajar bahasa Inggris?" menurut kalian seberapa penting bahasa Inggris untuk dipelajari? Kita semua tahu bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu dari beberapa bahasa internasional yang digunakan di banyak negara selain bahasa Arab dan Cina. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang berasal dari negara Inggris yang kemudian menyebar melalui penguasaan nya yang sampai menyentuh Benua Amerika dan kemudian bahasa Inggris digunakan di sana. Inggris dan Amerika yang kemudian menjadi negara besar yang memiliki pengaruh yang kuat di segala bidang, menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa yang sering digunakan sekarang ini.

Dan yang menjadikan bahasa Inggris penting adalah bahasa Inggris merupakan bahasa yang memiliki kedudukan khusus di 75 negara dan digunakan di lebih dari 100 negara. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional untuk bisnis, olahraga, akademik, ilmu pengetahuan, teknologi, periklanan dan diplomatik. 

Apakah kita mesti bertanya jika ternyata bahasa Inggris banyak digunakan di hampir semua bidang oleh banyak negara di dunia???

Hadirin sekalian.

Banyak orang di negara ini kurang setuju tentang mengenai pentingnya belajar bahasa Inggris, yang tentunya disertai berbagai macam alasan dan pendapat mereka. Mereka berpendapat: Mengapa kita harus belajar bahasa Inggris? Ketika kita masih memiliki bahasa sendiri, bahasa Indonesia, yang digunakan sebagai bahasa nasional dan pemersatu negara kita. Mengapa kita harus belajar bahasa Inggris? Ketika kita masih memiliki ribuan bahasa daerah yang mesti kita lestarikan dan budayakan bersama.

Tetapi, kita hidup di dunia ini tidaklah sendiri. Ada beberapa hal yang membutuhkan komunikasi atar negara yang berbeda bahasa. Oleh karena itu, kita pastinya membutuhkan bahasa pemersatu. Dan bahasa Inggris muncul sebagai bahasa internasional yang kita ketahui. Untuk itu, bahasa Inggris itu penting dipelajari dari sekolah dasar hingga tingkat atas supaya siswa dan siswa penerus bangsa mempunyai wawasan internasional yang tentunya akan menentukan masa depan negara tercinta kita ini, Indonesia.

Masihkah anda bertanya "Penting kah belajar Bahasa Inggris?"

Tidak banyak yang saya bisa katakan hari ini, hanya beberapa bait kata di atas yang dapat saya sampaikan kepada kalian pada kesempatan kali ini, terima kasih banyak atas perhatiannya dan saya minta maaf atas kesalahan-kesalahan saya dan akhir kata saya ucapkan:

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
========================================================================

Pidato Tentang Kesehatan

contoh pidato
Contoh Pidato tentang Kesehatan
Assalamualaikum, wr. wb.

Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 01 Tanjung. Yang terhormat bapak ibu guru beserta jajaran staf administrasi SMA Negeri 01 Tanjung. Yang terhormat teman-teman ku dari kelas X sampai XII.

Marilah kita panjat kan puji bersyukur kehadiarat Allah yang maha kuasa, yang telah memberi kita rahmat dan hidayah, sehingga kita bisa bertatap muka bersama di tempat ini. Tidak lupa juga kita sampaikan sholawat serta salam kepada nabi kita Muhammad SAW, Rasull penuntun kita.

Mendengar kata HIV AIDS, terlintas dipikiran saya sebuah penyakit yang berbahaya. Mendengar kata HIV AIDS, terpikir saya dengan sebuah penyakit yang belum ada penawarnya. Mendengar kata HIV AIDS, seakan memperintahkan saya untuk menjauhinya. Ya, itu lah HIV AIDS, berbahaya, belum ada penawarnya dan harus kita hindari. Tapi sebenarnya apa itu HIV AIDS? Ketidak tahuan saya menuntun untuk mengetahui lebih dalam mengenai HIV AIDS. Saya berdiri di sini, membawakan pidato ini, mengajak teman-teman sekalian mengenal lebih dekat HIV AIDS untuk mejuhi nya. Kenali dan Jauhi.

Hadirin yang terhormat

Kita sering bingung membedakan apa itu HIV dan apa itu AIDS. Sebenarnya HIV dan AIDS merujuk pada hal yang berbeda. HIV atau Humman Immunodeficiency Virus adalah salah satu jenis virus yang melemahkan system kekebalah tubuh manusia. Orang yang terkena HIV akan rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan mereka lemah. Sedangkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah gejala dan infeksi yang disebabkan rusakny sistem kekebalan tubuh manusia hasil dari HIV. HIV merujuk pada nama sebuah virus sedangkan AIDS merujuk nama gejala yang disebabkan oleh HIV.

HIV AIDS sudah sejak lama ada sebelum pertamakali dikemukakan oleh WHO pada tanggal 5 Juli 1981. HIV AIDS juga diklaim sebagai penyakit paling mematikan dalam sejarah kehidupan manusia. Dibuktikan pada tahun 2005, antara 2,4 sampai 3,3 juta orang meninggal karena HIV AIDS, dan 570,000 diantaranya adalah anak-anak. HIV AIDS melumpuhkan kekebalan tubuh penderitanya, itu lah sisi mengerikannya HIV AIDS. Penderita HIV AIDS dengan gejala penyakit ringan seperti batuk atau flu dapat berakibat fatal.

Hadirin sekalian

Sebenarnya berkelakuan baik dan beragama akan menjauhkan kita dari HIV AIDS. Karena agama kita sudah sejak sedari dahulu melarang kita untuk tidak melakukan seks bebas dan menggunakan narkoba. Hindari gerbang HIV AIDS yaitu narkoba dan seks bebas, maka otomatis kita terhindar dari HIV IADS.  Dengan kata lain, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan menjauhkan kita dari HIV AIDS.

Tidak banyak yang saya bisa katakan hari ini, terima kasih banyak atas perhatiannya. Semoga dari pidato saya ini akan membuka kembali pandangan dan menyadarkan kita akan bahaya HIV AIDS. Kenali dan Jauhi HIV AIDS. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Facebook Twitter Google+
Klo Suka silahkan Share :
Back To Top