Pages

Portal Berbagi : Contoh Makalah, Contoh Surat, Contoh Proposal dan Materi Agama, Sejarah, dan contoh artikel

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

KURIKULUM TINGKAT  SATUAN PENDIDIKAN

Nama Sekolah                 : Yayasan Al Qolam Nagrak
Alamat                              : Kp. Nagrak  Rt. 01/08 Ds. Sindangraja Kec. Jamanis
                                             Kab. Tasikmalaya  Propinsi Jawa Barat
NSM                                 :

I.     TUJUAN PENDIDIKAN, VISI, MISI, dan TUJUAN SEKOLAH
A.    TUJUAN PENDIDIKAN
(KMA.No. 369 tahun 1993 Bab II Pasal 2) Mts Bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar sebagai perluasan dan peningkatan pengetahuan agama dan keterampilan yang diperoleh dari Madrasah Ibtidayah atau Sekolah Dasar yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai muslim,anngota masyarakat,warga Negara dan sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikkan menengah dan atau mempersiapkan mereka untuk hidup dalam masyarakat.

B.     VISI
Melahirkan peserta didik yang berkarakter keislaman,kebangsaan serta berwawasan budaya
A.    Misi
-          Menjadikan siswa siswi supaya memiliki kecerdasan spriritual,emosional dan intelektual.
-          Menjadikan siswa siswi supaya berkarakter  keislaman dan beretos kebangsaan.
-          Menjadikan siswa siswi berwawasan budaya
-          Menciptakan organisasi sekolah yang profesional dan handal
-          Menumbuh kembangkan perekonomian dan kemandirian sekolah
-          Masimalisasi sarana dan prasarana yang baik dan lestari
B.     TUmulia bagi peseJUAN MADRASAH
Agar penyelenggaraan pendidikan di MTs Tholabul hidayah terarah,maka ditetapakanlah beberapa tujuan sebagai berikut:
1.      Menanamkan prilaku akhlak mulia bagi peserta didik
2.      Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam bidang iptek,olah   raga dan seni budaya
3.      Mempersiapkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.
4.      Mempersiapkan peserta didik  untuk melanjutkan  kejengjang pendidikan yang lebih tinggi.
II.    STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.    STRUKTUR KURIKULUM
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A.    Mata Pelajaran



1.      Al-Qur’an Hadis



2.      Aqidah akhlak



3.      Fiqih



4.      Sejarah kebudayaan islam



5.      Pendidikan Kewarganegaraan



6.      Bahasa Indonesia



7.      Bahasa Arab



8.      Bahasa  Inggris



9.      Matematika



10.  Ilmu Pengetahuan Alam



11.  Ilmu Pengetahuan Sosial



12.  Seni Budaya



13.  Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan



14.  Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi



B.     Muatan Lokal
1.      Bahasa Daerah
2.      Pendalaman Nahwu
3.      Pengembangan Bahasa Arab
4.      Pengembangan Bahasa Inggris
5.      Bimbingan Shalat



C.     Pengembangan diri



Jumlah



           
B.     MUATAN KURIKULUM
1.      Mata Pelajaran
Mata Pelajaran wajib:
1.1    Al-Quran Hadis
1.2    Aqidah akhlaq
1.3    Fikih
1.4    Sejarah Kebudayaan Islam
1.5    Pendidikan Kewarganegaraan
1.6    Bahasa Indonesia
1.7    Bahasa Arab
1.8    Bahasa Inggris
1.9    Matematika
1.10. Ilmu Pengetahuan Alam
1.11. Ilmu Pengetehuan Sosial
1.12. Seni budaya
1.13. Pendidikan Jasmani,Olah raga dan Kesehatan
1.14. Keterampilan/Teknologi informasi dan komunikasi

2.      Muatan Lokal:
2.1    Pengembangan Nahwu dan Tasrifan
2.2    Pengembangan Bahasa Arab
2.3    Pengembanga BahasaInggris
2.4    Aswaja

3.      Kegiatan Pengembangan Diri
3.1    Pembiasan
3.1.1        Berbaris sebelum masuk
3.1.2        Berjabat dan cium tangan guru saat masuk kelas
3.1.3        Membaca salam saat masuk kelas
3.1.4        Mengaji pada jam nol
3.1.5        Baca doa sebelum pulang
3.1.6        Solat duhur berjamah
3.1.7        Upacara bendera
3.1.8        Senam pagi
3.1.9         Mengunjungi perpustakan
3.1.10     Mengunjungi kopsis
3.1.11     Bermusyawarah
3.1.12     Antri
3.1.13     Membuang sampah pada tempatnya
3.1.14     Berpakaian rapih
3.1.15    Tepat waktu dating dan pulang
3.2    Bp/Bk
3.2.1        Pembimbingan bakat minat
3.2.2        Pembimbingan memilih kegiatan exul
3.2.3        Pembimbingan memilih sekolah lanjutan
3.3    Extra Kulikuler
3.3.1        Pramuka
3.3.2        English club
3.3.3        Pertanian/ cocok tanam
3.3.4        Qasidah
3.3.5        Qira’atil Quran
4.      Pengaturan Beban Belajar
4.1    Beban belajar  yang di gunakan adalah system paket
4.2    Jumlah jam secara menyeluruh sebanyak 46 jam pelajaran,dengan pembagian jam setiap mata pelajaran seperti tertera dalam struktur kurikulum
4.3    Alokasi waktu untuk penugasan struktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sebesar 5o % dari waktu kegiatan tatap muka.
4.3.1        Al-Quran Hadis
4.3.2        Aqidah Akhlaq
4.3.3        Fiqih
4.3.4        Sejarah Kebudayaan Islam
4.3.5        Pendidikan kewarganegaraan
4.3.6        Bahasa Indonesia
4.3.7        Bahasa Arab
4.3.8        Bahasa inggris
4.3.9        Matematika
4.3.10    Ilmu Pengetahuan Alam
4.3.11    Ilmu Pengetahuan Sosial
4.3.12    Seni Budaya
4.3.13    Pendidikan Jasmani,Olah raga dan Kesehatan
4.3.14    Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
4.3.15    Muatan Lokal
4.4    Satu Jam Pelajaran Berjumlah 40 Menit



5.      Ketentuan Belajar
No
Mata pelajaran
KKM
Ket
VII
VIII
IX

1
Al-Qur’an Hadis




2
Aqidah akhlak




3
Fikih




4
Sejarah KebudayaanIslam




5
Pendidikan Kewarga negaraan




6
Bahasa Indonesia




7
Bahasa Arab




8
Bahasa Inggris




9
Matematika




10
Ilmu Pengetahuan Alam




11
Ilmu Pengetahuan Sosial




12
Seni Budaya




13
Pjok




14
Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi




15
Muatan Lokal





JUMLAH





RATA-RATA







6.      Kenaikan Kelas dan Kelulusan
6.1    Kenaikan Kelas
Peserta didik di nyatakan naik kelas jika memenuhi syarat sebagai berikut:
6.1.1        Mencapai kelulusan minimal pada semua indicator,hasil   belajar(HB),kompetensi dasar(KD) dan standar kompetensi(SK) pada semua mata pelajaran.
6.1.2        Jika nilai peserta didik tidak tuntas tidak lebih dari 3 mata pelajaran.
6.1.3        Jika ketidak hadiran tampa keterangan  dalan 1 tahun kurang dari 24 hari   jumlah kehadiran 90 %.

6.2    Mekanisme Kenaikan Kelas
6.2.1        Peserta didik di nyatakan harus mengulang di kelas yang samabila:
6.2.2        memperoleh nilai kurang dari katagori baik pada kelompok mata pelajaran agama dan akhlaq mulia
6.2.3        Jika peserta didik tidak menuntaskan standar kopetensi dan kopentensi dasar lebih  dari empat mata pelejaran  sampai pada batas akhir tahun pelajaran.
6.2.4        jika karena alesan yang kuat missal karena gangguan kesehatan fisik,emosi atau mental sehingga tidak mungkin berhasil di bantu mencapai kopetensi yang di targetkan

6.3    Kelulusan
Sesuai dengan kelulusan PP NO 19/2005 psl 72 ayat I peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasra menengah setelah:
6.3.1        Menyelesai kan seluruh program pembelajaran
6.3.2        Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir  untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan aakhlaq mulia ,kelompok mata pelajaran kewarganegaraan  dan kepribadian ,kelompok mata pelajaran estetika,kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
6.3.3        Lulus ujian sekolah /madrasah untuk kelompok mata pelajaran  Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi
6.3.4        Lulus Ujian Nasional 

III.             Kalender Pendidikan
No
Bulan
Jumlah Peserta
Pekan
Tidak
Efektif
Jumlah Pekan Efektif
Keterangan
1
Juli 2013



Libur Semester & MOS
2
Agustus



HUT RI & Libur Idul Fitr
3
September



Libur Idul Fitri
4
Oktober



UTS
5
November




6
Desember



UAS Ganjil & Libur Semester Ganjil
Jumlah Semester
26
9
17
E=    Hari
1
Januari 2013



Libur Semester
2
Pebruari




3
Maret



UTS
4
April



UAMBN & UN
5
Mei




6
Juni



Ulangan Umum & Libur Semester 2
Jumlah Semester
26
9
17
E=     Hari
Jumlah
52
18
34
E=     Hari


Nagrak,     Januari  2015




Asep Deni, S.Pd.I
Facebook Twitter Google+
Klo Suka silahkan Share :
Back To Top