KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Nama
Sekolah : Yayasan Al Qolam
Nagrak
Alamat
: Kp.
Nagrak Rt. 01/08 Ds. Sindangraja Kec.
Jamanis
Kab. Tasikmalaya Propinsi Jawa
Barat
NSM
:
I. TUJUAN PENDIDIKAN, VISI, MISI, dan TUJUAN
SEKOLAH
A. TUJUAN PENDIDIKAN
(KMA.No.
369 tahun 1993 Bab II Pasal 2) Mts Bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar
sebagai perluasan dan peningkatan pengetahuan agama dan keterampilan yang
diperoleh dari Madrasah Ibtidayah atau Sekolah Dasar yang bermanfaat bagi siswa
untuk mengembangkan kehidupannya sebagai muslim,anngota masyarakat,warga Negara
dan sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk
mengikuti pendidikkan menengah dan atau mempersiapkan mereka untuk hidup dalam
masyarakat.
B. VISI
Melahirkan peserta didik yang berkarakter
keislaman,kebangsaan serta berwawasan budaya
A. Misi
-
Menjadikan siswa siswi supaya memiliki
kecerdasan spriritual,emosional dan intelektual.
-
Menjadikan siswa siswi supaya berkarakter keislaman dan beretos kebangsaan.
-
Menjadikan siswa siswi berwawasan budaya
-
Menciptakan organisasi sekolah yang profesional
dan handal
-
Menumbuh kembangkan perekonomian dan kemandirian
sekolah
-
Masimalisasi sarana dan prasarana yang baik dan
lestari
B. TUmulia bagi peseJUAN MADRASAH
Agar penyelenggaraan pendidikan di
MTs Tholabul hidayah terarah,maka ditetapakanlah beberapa tujuan sebagai
berikut:
1.
Menanamkan prilaku akhlak mulia bagi peserta
didik
2.
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
peserta didik dalam bidang iptek,olah
raga dan seni budaya
3.
Mempersiapkan peserta didik sebagai bagian dari
anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.
4.
Mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan kejengjang pendidikan yang lebih tinggi.
II. STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
A. STRUKTUR KURIKULUM
Komponen
|
Kelas
dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
1.
Al-Qur’an Hadis
|
|
|
|
2.
Aqidah akhlak
|
|
|
|
3.
Fiqih
|
|
|
|
4.
Sejarah kebudayaan islam
|
|
|
|
5.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
6.
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
7.
Bahasa Arab
|
|
|
|
8.
Bahasa
Inggris
|
|
|
|
9.
Matematika
|
|
|
|
10. Ilmu
Pengetahuan Alam
|
|
|
|
11. Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
12. Seni
Budaya
|
|
|
|
13. Pendidikan
Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
|
|
|
|
14. Keterampilan/Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
|
|
|
B.
Muatan Lokal
1.
Bahasa Daerah
2.
Pendalaman Nahwu
3.
Pengembangan Bahasa Arab
4.
Pengembangan Bahasa Inggris
5.
Bimbingan Shalat
|
|
|
|
C.
Pengembangan diri
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
B. MUATAN KURIKULUM
1. Mata Pelajaran
Mata Pelajaran wajib:
1.1 Al-Quran
Hadis
1.2 Aqidah
akhlaq
1.3 Fikih
1.4 Sejarah
Kebudayaan Islam
1.5 Pendidikan
Kewarganegaraan
1.6 Bahasa
Indonesia
1.7 Bahasa
Arab
1.8 Bahasa
Inggris
1.9 Matematika
1.10.
Ilmu Pengetahuan Alam
1.11.
Ilmu Pengetehuan Sosial
1.12.
Seni budaya
1.13.
Pendidikan Jasmani,Olah raga dan Kesehatan
1.14.
Keterampilan/Teknologi informasi dan komunikasi
2. Muatan Lokal:
2.1 Pengembangan
Nahwu dan Tasrifan
2.2 Pengembangan
Bahasa Arab
2.3 Pengembanga
BahasaInggris
2.4 Aswaja
3. Kegiatan Pengembangan Diri
3.1 Pembiasan
3.1.1
Berbaris sebelum masuk
3.1.2
Berjabat dan cium tangan guru saat masuk kelas
3.1.3
Membaca salam saat masuk kelas
3.1.4
Mengaji pada jam nol
3.1.5
Baca doa sebelum pulang
3.1.6
Solat duhur berjamah
3.1.7
Upacara bendera
3.1.8
Senam pagi
3.1.9
Mengunjungi
perpustakan
3.1.10
Mengunjungi
kopsis
3.1.11
Bermusyawarah
3.1.12
Antri
3.1.13
Membuang sampah
pada tempatnya
3.1.14
Berpakaian
rapih
3.1.15
Tepat waktu dating dan pulang
3.2 Bp/Bk
3.2.1
Pembimbingan bakat minat
3.2.2
Pembimbingan memilih kegiatan exul
3.2.3
Pembimbingan memilih sekolah lanjutan
3.3 Extra
Kulikuler
3.3.1
Pramuka
3.3.2
English club
3.3.3
Pertanian/ cocok tanam
3.3.4
Qasidah
3.3.5
Qira’atil Quran
4. Pengaturan Beban Belajar
4.1 Beban
belajar yang di gunakan adalah system
paket
4.2 Jumlah
jam secara menyeluruh sebanyak 46 jam pelajaran,dengan pembagian jam setiap
mata pelajaran seperti tertera dalam struktur kurikulum
4.3 Alokasi
waktu untuk penugasan struktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sebesar
5o % dari waktu kegiatan tatap muka.
4.3.1
Al-Quran Hadis
4.3.2
Aqidah Akhlaq
4.3.3
Fiqih
4.3.4
Sejarah Kebudayaan Islam
4.3.5
Pendidikan kewarganegaraan
4.3.6
Bahasa Indonesia
4.3.7
Bahasa Arab
4.3.8
Bahasa inggris
4.3.9
Matematika
4.3.10
Ilmu Pengetahuan Alam
4.3.11
Ilmu Pengetahuan Sosial
4.3.12
Seni Budaya
4.3.13
Pendidikan Jasmani,Olah raga dan Kesehatan
4.3.14
Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
4.3.15
Muatan Lokal
4.4 Satu
Jam Pelajaran Berjumlah 40 Menit
5. Ketentuan Belajar
No
|
Mata pelajaran
|
KKM
|
Ket
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
||
1
|
Al-Qur’an
Hadis
|
|
|
|
|
2
|
Aqidah akhlak
|
|
|
|
|
3
|
Fikih
|
|
|
|
|
4
|
Sejarah
KebudayaanIslam
|
|
|
|
|
5
|
Pendidikan
Kewarga negaraan
|
|
|
|
|
6
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
7
|
Bahasa Arab
|
|
|
|
|
8
|
Bahasa Inggris
|
|
|
|
|
9
|
Matematika
|
|
|
|
|
10
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
|
|
|
|
11
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
|
12
|
Seni Budaya
|
|
|
|
|
13
|
Pjok
|
|
|
|
|
14
|
Keterampilan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
|
|
|
|
15
|
Muatan Lokal
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
6.1 Kenaikan Kelas
Peserta didik di nyatakan naik kelas jika memenuhi
syarat sebagai berikut:
6.1.1
Mencapai kelulusan minimal pada semua
indicator,hasil belajar(HB),kompetensi
dasar(KD) dan standar kompetensi(SK) pada semua mata pelajaran.
6.1.2
Jika nilai peserta didik tidak tuntas tidak
lebih dari 3 mata pelajaran.
6.1.3
Jika ketidak hadiran tampa keterangan dalan 1 tahun kurang dari 24 hari jumlah kehadiran 90 %.
6.2 Mekanisme Kenaikan Kelas
6.2.1
Peserta didik di nyatakan harus mengulang di
kelas yang samabila:
6.2.2
memperoleh nilai kurang dari katagori baik pada
kelompok mata pelajaran agama dan akhlaq mulia
6.2.3
Jika peserta didik tidak menuntaskan standar
kopetensi dan kopentensi dasar lebih
dari empat mata pelejaran sampai
pada batas akhir tahun pelajaran.
6.2.4
jika karena alesan yang kuat missal karena
gangguan kesehatan fisik,emosi atau mental sehingga tidak mungkin berhasil di
bantu mencapai kopetensi yang di targetkan
6.3 Kelulusan
Sesuai dengan kelulusan PP NO 19/2005 psl 72 ayat I
peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasra
menengah setelah:
6.3.1
Menyelesai kan seluruh program pembelajaran
6.3.2
Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian
akhir untuk seluruh mata pelajaran
kelompok mata pelajaran agama dan aakhlaq mulia ,kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian ,kelompok
mata pelajaran estetika,kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan
kesehatan.
6.3.3
Lulus ujian sekolah /madrasah untuk kelompok
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
6.3.4
Lulus Ujian Nasional
III.
Kalender
Pendidikan
No
|
Bulan
|
Jumlah Peserta
|
Pekan
Tidak
Efektif
|
Jumlah Pekan Efektif
|
Keterangan
|
1
|
Juli
2013
|
|
|
|
Libur
Semester & MOS
|
2
|
Agustus
|
|
|
|
HUT
RI & Libur Idul Fitr
|
3
|
September
|
|
|
|
Libur
Idul Fitri
|
4
|
Oktober
|
|
|
|
UTS
|
5
|
November
|
|
|
|
|
6
|
Desember
|
|
|
|
UAS
Ganjil & Libur Semester Ganjil
|
Jumlah Semester
|
26
|
9
|
17
|
E=
Hari
|
|
1
|
Januari
2013
|
|
|
|
Libur
Semester
|
2
|
Pebruari
|
|
|
|
|
3
|
Maret
|
|
|
|
UTS
|
4
|
April
|
|
|
|
UAMBN
& UN
|
5
|
Mei
|
|
|
|
|
6
|
Juni
|
|
|
|
Ulangan
Umum & Libur Semester 2
|
Jumlah Semester
|
26
|
9
|
17
|
E=
Hari
|
|
Jumlah
|
52
|
18
|
34
|
E=
Hari
|
Nagrak, Januari
2015
Asep
Deni, S.Pd.I