Pages

Portal Berbagi : Contoh Makalah, Contoh Surat, Contoh Proposal dan Materi Agama, Sejarah, dan contoh artikel

CONTOH SILABUS EVALUASI PEMBELAJARAN GEOGRAFI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

 


SILABUS MATAKULIAH

I.       IDENTITAS MATA KULIAH
Nama MK             :   Evaluasi Pembelajaran Geografi
Kode MK              :   GG 501
Bobot sks              :   2 SKS
Semester                :   Genap
Kelompok MK      :   MKDP
     MK Prasyarat         :  Telah lulus mata kuliah:
  (1) Perencanaan Pembelajaran  Geografi dan 
  (2) Strategi Pembelajaran Geografi.
Dosen                    :   Dr. Sri Hayati, M.Pd.
                                  Dr. Mamat Ruhimat, M.Pd.
                                 
       
II.    STANDAR KOMPETENSI
Memiliki kemampuan untuk membentuk penguasaan dalam membuat instrumen pengukuran, melaksanakan pengukuran, menganalisis data hasil pengukuran baik dengan prosedur kuantitatif maupun kualitatif serta mengambil keputusan pembelajaran yang efektif.

III. TUJUAN MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa tentang perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, pengolahan, dan publikasi hasil belajar Geografi.

IV. DESKRIPSI ISI MATA KULIAH

Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Geografi merupakan kajian mengenai prinsip-prinsip pengukuran dan penilaian, pelaksanaan pengukuran, serta pengambilan keputusan berkaitan dengan pembelajaran Geografi. Kompetensi yang diharapkan adalah membentuk penguasaan dalam membuat instrumen pengukuran, melaksanakan pengukuran, menganalisis data hasil pengukuran baik dengan prosedur kuantitatif maupun kualitatif serta mengambil keputusan pembelajaran yang efektif. Materi perkuliahan meliputi pengertian, jenis dan fungsi evaluasi,  penilaian bentuk tes dan non tes, penyusunan instrumen penilaian, validitas dan reliabilitas instrumen, cara pengolahan hasil pengkururan, serta cara menentukan hasil belajar untuk pengambilan keputusan dalam pembelajaran Geografi.


V.    PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
A.    Pendekatan
1.    Pendekatan Konstuktivisme
2.    Pendekatan Kontekstual
3.    Pendekatan Kolaboratif.
B.     Strategi Pembelajaran

1.    Diskusi
2.    Ceramah dan tanya jawab
3.    Latihan terstruktur
4.    Pengumpulan data lapangan
5.    Pembuatan laporan
6.    Penyajian laporan di kelas


VI. EVALUASI
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
  1. kehadiran pada perkuliahan                : 10%
  2. partisipasi kegiatan di kelas                : 10%
  3. laporan dan penyajian                         : 20%
  4. UTS                                                     : 25%
  5. UAS                                                    : 35%


VII.     POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN

Pertemuan 1  :
Tema: Orientasi Perkuliahan
Membahas tentang silabus, tujuan pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai mahasiswa, sumber referensi, tugas dan penentuan nilai akhir.

Pertemuan 2  :
A.    Tema: Hakikat Evaluasi Pembelajaran Geografi

Pokok Materi:
1.      Kedudukan dan peran evaluasi dalam pembelajaran geografi
2.      Perbedaan penilaian dan pengukuran,
3.      Aspek-aspek yang dinilai dalam pembelajaran
4.      Jenis dan fungsi evaluasi.

B.     Sumber Acuan
1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.

  Pertemuan 3  :
A.    Tema: Alat Evaluasi
Pokok Materi:

1.    Rasional penggunaan alat dalam evaluasi Karakteristik Penelitian
2.    Macam-macam alat evaluasi/penilaian Bentuk dan model Penelitian
3.    Fungsi dan kebergunaan masing-masing jenis alat evaluasi.

B.     Sumber Acuan

1.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.

Pertemuan 4  :
A.    Tema: Pengembangan alat penilaian tes tertulis bentuk objektif

Pokok-pokok Materi:
1.      Bentuk-bentuk soal
2.      Keunggulan dan kelemahan masing-masing bentuk tes
3.      Kaidah-kaidah penuliasan butir soal tes objektif

B.     Sumber Acuan
1.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.


Pertemuan 5  :
A.    Tema: Lanjutan pengembangan alat penilaian tes tertulis bentuk objektif

Pokok-pokok Materi:
1.    Indikator soal yang baik
2.    Penyusunan alat penilaian bentuk tes pilihan ganda

B.     Sumber Acuan
1.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.


Pertemuan 6  :
A.    Tema: Telaah alat penilaian
Penyajian Proposal penelitian tindakan kelas

Pokok-pokok materi:
Kajian terhadap soal yang sudah disusun dengan mengambil beberapa contoh soal yang disusun para guru untuk dikritisi keunggulan dan kelemahan yang ada berdasarkan indikator-indikator soal yang baik.

B.     Sumber Acuan
1.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.



Pertemuan 7  :
Ujian Tengah Semester (UTS)

Pertemuan 8  :
A.    Tema: Pengembangan alat penilaian tes perbuatan (praktik) pembelajaran Geografi,

Membahas pokok-pokok materi minimal tentang:
1.    Bentuk-bentuk penilaian untuk berbagai praktik seperti pemetaan, praktik lapangan, dan partisipasi di kelas
2.    jenis alat penilaian praktik
3.    cara penyusunan alat praktik
4.    validitas dan reliabilitas alat praktik.

B.     Sumber Acuan

1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.

Pertemuan 9  :
A.    Tema: Pengembangan alat penilaian tes bentuk essay

Pokok-pokok materi:
1.    Keunggulan dan kelemahan penilaian essay
2.    Cara mengantisipasi kelemahan penilaian bentuk essay
3.    Cara penyusunan tes bentuk essay

B.     Sumber Acuan

1.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.

Pertemuan 10  :
A.    Tema: Pengembangan penilaian non tes

Pokok-pokok materi:
1.    Wawancara
2.    Observasi
3.    Sikap dan Minat
4.    Penilaian portopolio


B.     Sumber Acuan
1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.


Pertemuan 11  :
A.    Tema: Validitas dan reliabilitas alat

Pokok-pokok materi :
1.    Pentingnya validitas dan reliabilitas alat evaluasi
2.    Jenis validitas dan reliabilitas
3.    Cara-cara perhitungan validitas dan reliabilitas alat evaluasi

B.     Sumber Acuan
1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.


Pertemuan 12  :
A.    Tema: Sistem penilaian

Pokok-pokok materi:
1.    Penilaian Acuan Normatif (PAN) dan Patokan (PAP)
2.    Fungsi PAN dan PAP
3.    Penggunaan PAN dan PAP

B.     Sumber Acuan

1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.

Pertemuan 13  :
A.    Tema: Penentuan nilai akhir dan hasil belajar

Pokok-pokok materi :
1.    Fungsi nilai akhir
2.    Faktor-faktor yang menentukan nilai akhir
3.    Perhitungan nilai akhir
4.    Cara penyusunan pelaporan hasil belajar

B.     Sumber Acuan

1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.


Pertemuan 14 :
A.    Tema: Praktik validitas dan reliabilitas alat penilaian dengan menggunakan program komputer Excel, SPSS, dan Iteman.

Pokok-pokok materi :
1.      Validitas dan reliabilitas

B. Sumber Acuan

1.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
2.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.


Pertemuan 15 :
A.    Tema: Praktik validitas dan reliabilitas alat penilaian dengan menggunakan program komputer Excel, SPSS, dan Iteman.

Pokok-pokok materi :
1. Validitas dan reliabilitas

B. Sumber Acuan
1.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
2.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.


Pertemuan 16 :                                                           
Ujian Akhir Semester (UAS)



VIII.       DAFTAR BUKU
1.      Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.
2.      Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3.      Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4.      Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5.      Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6.      Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.





Facebook Twitter Google+
Klo Suka silahkan Share :
Back To Top