UNIVERSITAS PENDIDIKAN
INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
JURUSAN PENDIDIKAN
GEOGRAFI
SILABUS MATAKULIAH
I.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama MK : Evaluasi Pembelajaran Geografi
Kode MK : GG 501
Bobot sks : 2 SKS
Semester : Genap
Kelompok MK : MKDP
MK Prasyarat : Telah lulus mata kuliah:
(1) Perencanaan Pembelajaran Geografi dan
(2) Strategi Pembelajaran Geografi.
Dosen : Dr. Sri Hayati, M.Pd.
Dr. Mamat Ruhimat, M.Pd.
II.
STANDAR KOMPETENSI
Memiliki kemampuan untuk membentuk penguasaan dalam membuat instrumen
pengukuran, melaksanakan pengukuran, menganalisis data hasil pengukuran baik
dengan prosedur kuantitatif maupun kualitatif serta mengambil keputusan
pembelajaran yang efektif.
III.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa
tentang perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, pengolahan, dan publikasi hasil
belajar Geografi.
IV.
DESKRIPSI ISI MATA
KULIAH
Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Geografi
merupakan kajian mengenai prinsip-prinsip pengukuran dan penilaian, pelaksanaan
pengukuran, serta pengambilan keputusan berkaitan dengan pembelajaran Geografi.
Kompetensi yang diharapkan adalah membentuk penguasaan dalam membuat instrumen
pengukuran, melaksanakan pengukuran, menganalisis data hasil pengukuran baik
dengan prosedur kuantitatif maupun kualitatif serta mengambil keputusan
pembelajaran yang efektif. Materi perkuliahan meliputi pengertian, jenis dan
fungsi evaluasi, penilaian bentuk tes
dan non tes, penyusunan instrumen penilaian, validitas dan reliabilitas
instrumen, cara pengolahan hasil pengkururan, serta cara menentukan hasil
belajar untuk pengambilan keputusan dalam pembelajaran Geografi.
V.
PENDEKATAN DAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Pendekatan
1. Pendekatan Konstuktivisme
2. Pendekatan Kontekstual
3. Pendekatan Kolaboratif.
B. Strategi Pembelajaran
1. Diskusi
2. Ceramah dan tanya jawab
3. Latihan terstruktur
4. Pengumpulan data lapangan
5. Pembuatan laporan
6. Penyajian laporan di kelas
VI.
EVALUASI
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang
bersangkutan dalam:
- kehadiran
pada perkuliahan : 10%
- partisipasi
kegiatan di kelas :
10%
- laporan
dan penyajian :
20%
- UTS :
25%
- UAS :
35%
VII.
POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan
1 :
Tema: Orientasi Perkuliahan
Membahas tentang silabus, tujuan
pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai mahasiswa, sumber referensi, tugas
dan penentuan nilai akhir.
Pertemuan
2 :
A. Tema: Hakikat Evaluasi
Pembelajaran Geografi
Pokok Materi:
1. Kedudukan dan peran evaluasi
dalam pembelajaran geografi
2. Perbedaan penilaian dan
pengukuran,
3. Aspek-aspek yang dinilai dalam
pembelajaran
4. Jenis dan fungsi evaluasi.
B. Sumber Acuan
1. Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan,
Bandung: IKIP Bandung.
2. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
3 :
A. Tema: Alat Evaluasi
Pokok Materi:
1. Rasional penggunaan alat dalam
evaluasi Karakteristik Penelitian
2. Macam-macam alat
evaluasi/penilaian Bentuk dan model Penelitian
3.
Fungsi
dan kebergunaan masing-masing jenis alat evaluasi.
B. Sumber Acuan
1. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
4 :
A. Tema: Pengembangan alat penilaian
tes tertulis bentuk objektif
Pokok-pokok Materi:
1. Bentuk-bentuk soal
2. Keunggulan dan kelemahan
masing-masing bentuk tes
3. Kaidah-kaidah penuliasan butir
soal tes objektif
B. Sumber Acuan
1. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
5 :
A. Tema: Lanjutan pengembangan alat penilaian tes tertulis
bentuk objektif
Pokok-pokok Materi:
1. Indikator soal yang baik
2. Penyusunan alat penilaian bentuk
tes pilihan ganda
B.
Sumber Acuan
1. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
6 :
A. Tema: Telaah alat penilaian
Penyajian Proposal penelitian
tindakan kelas
Pokok-pokok materi:
Kajian terhadap soal yang sudah disusun dengan
mengambil beberapa contoh soal yang disusun para guru untuk dikritisi
keunggulan dan kelemahan yang ada berdasarkan indikator-indikator soal yang
baik.
B. Sumber Acuan
1. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
7 :
Ujian Tengah Semester (UTS)
Pertemuan
8 :
A. Tema: Pengembangan alat penilaian tes perbuatan
(praktik) pembelajaran Geografi,
Membahas pokok-pokok materi
minimal tentang:
1. Bentuk-bentuk penilaian untuk
berbagai praktik seperti
pemetaan, praktik lapangan, dan partisipasi di kelas
2. jenis alat penilaian praktik
3. cara penyusunan alat praktik
4. validitas dan reliabilitas alat
praktik.
B. Sumber Acuan
1. Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan,
Bandung: IKIP Bandung.
2. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
9 :
A. Tema: Pengembangan alat penilaian tes bentuk essay
Pokok-pokok materi:
1. Keunggulan dan kelemahan
penilaian essay
2. Cara mengantisipasi kelemahan
penilaian bentuk essay
3. Cara penyusunan tes bentuk essay
B.
Sumber Acuan
1. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
2. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
3. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
4. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
5. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
10 :
A. Tema: Pengembangan penilaian non
tes
Pokok-pokok materi:
1. Wawancara
2. Observasi
3. Sikap dan Minat
4. Penilaian portopolio
B.
Sumber Acuan
1. Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan,
Bandung: IKIP Bandung.
2. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
11 :
A. Tema: Validitas dan reliabilitas
alat
Pokok-pokok materi :
1. Pentingnya validitas dan
reliabilitas alat evaluasi
2. Jenis validitas dan reliabilitas
3. Cara-cara perhitungan validitas
dan reliabilitas alat evaluasi
B. Sumber Acuan
1. Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan,
Bandung: IKIP Bandung.
2. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
1. Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan,
Bandung: IKIP Bandung.
2. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
12 :
A. Tema: Sistem penilaian
Pokok-pokok materi:
1. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
dan Patokan (PAP)
2. Fungsi PAN dan PAP
3. Penggunaan PAN dan PAP
B. Sumber Acuan
1. Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan,
Bandung: IKIP Bandung.
2. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
13 :
A. Tema: Penentuan nilai akhir dan hasil
belajar
Pokok-pokok materi :
1. Fungsi nilai akhir
2. Faktor-faktor yang menentukan
nilai akhir
3. Perhitungan nilai akhir
4. Cara penyusunan pelaporan hasil
belajar
B. Sumber Acuan
1. Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan,
Bandung: IKIP Bandung.
2. Gable K, Robert. (1966). Instrument
Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.
3. Gronlund, Norman E. (1970). Measurement
and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.
4. Popham, James. (1981). Modern
Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.
5. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
14 :
A. Tema: Praktik validitas dan reliabilitas
alat penilaian dengan menggunakan program komputer Excel, SPSS, dan Iteman.
Pokok-pokok materi :
1. Validitas dan reliabilitas
B. Sumber Acuan
1. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
2. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan
15 :
A. Tema: Praktik validitas dan
reliabilitas alat penilaian dengan menggunakan program komputer Excel, SPSS,
dan Iteman.
Pokok-pokok materi :
1. Validitas dan reliabilitas
B. Sumber Acuan
1. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis
Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
2. Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
Pertemuan 16 :
Ujian
Akhir Semester (UAS)
VIII.
DAFTAR BUKU
1.
Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung:
IKIP Bandung.
2.
Gable
K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston:
Kluwer-Nijhoff Pub.
3.
Gronlund,
Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.:
MacMillan Pub. Co.
4.
Popham,
James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall
Inc.
5.
Subino.
(1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan
Pengukuran, Jakarta Depdikbud.
6.
Suharsimi.
(1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.