Pages

Portal Berbagi : Contoh Makalah, Contoh Surat, Contoh Proposal dan Materi Agama, Sejarah, dan contoh artikel

Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Laporan dan Proposal

Contoh Kata Pengantar. Sahabat Kampus kali ini admin akan sedikit membahas mengenai kata penganatar. Kata Pengatar Adalah sepatah dua kata dari si pengarang kepada pembaca mengenai karyanya, Kata Pengantar berisi kata-kata atau kalimat harapan penulis, ucapan terimakasih,dari penulis dan lain sebagainya, kata pengantar biasanya berisi puja-puji pada Tuhan YME, kemudian harapan pembuatan karya ilmiah yang dibuat. Disamping itu juga terdapat ucapan terimakasih terhadap yang telah membantu dalam penulisan makalah tersebut.

Cara Membuat Kata Pengantar:
Kalau tadi sudah tahu Arti Kata Pengantar, sekarang bagaimana cara membuat Kata Pengantar?
Cara Membuat Kata Pengantar cukup mudah, berikut ada beberapa langkah dalam pembuatan kata pengantar
Awali dengan memanjatkan rasa syukur kepadaTuhan YME, yang telah memberikan anda kesehatan sehingga bisa menyelesaikan karya tersebut dan pihak-pihak terkait yang telah membantu penulisan karya ilmiah Anda.
Lanjutkan dengan memberikan sedikit gambaran tentang Karya ilmiah yang telah anda tuliskan. Biasanya sih berisi tujuan penulisan makalah.
Terakhir, akhiri dengan pernyataan perminta maaf jika ada kekurangan karya Anda, Harapan-harapan pada pembaca, dan doa agar karya bisa bermanfaaf

Contoh Kata Pengantar Makalah


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya. Penulis berada dalam keadaan sehat wal afiat sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Makalah Keterampilan Mengelola Kelas. 

Untuk menyelesaikan Tugas Makalah ini, Penulis tidak terlepas dari bantuan serta arahan berbagai pihak baik itu selaku individu maupun secara umum, untuk itu penulis ingin mengucapkan terimakasih setulus-tulusnya semua pihak yang telah membantu penulis dalam melaksanakan tugas ini. 

Penulis menyadari dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan –kekurangan yang terdapat didalamnya, untuk itu penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini. 

Akhir kata penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi yang lain. 

Amiin Ya Robbal Alamiin. 

Jamanis, Agustus 2015 

Penulis

Contoh kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga penulis dapat merampungkan skripsi dengan judul: Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Anak Kelompok B3 di TK Adi Permai Kendari. Ini untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan studi serta dalam rangka memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Strata Satu pada Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari

Penghargaan dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Ayahanda tercinta Sudarmin dan Ibunda yang kusayangi Nawati yang telah mencurahkan segenap cinta dan kasih sayang serta perhatian moril maupun materil. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmat, Kesehatan, Karunia dan keberkahan di dunia dan di akhirat atas budi baik yang telah diberikan kepada penulis. 

Penghargaan dan terima kasih penulis berikan kepada Bapak Drs. H. Muh. Natsir, M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Hadriani, S.Sos, M.Pd selaku Pembimbing II yang telah membantu penulisan skripsi ini. Serta ucapan terima kasih kepada :


  1. Bapak Dr. Rivai Nur, M. Hum selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari
  2. Bapak Drs. H. Muh. Natsir, M.Si selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari
  3. Bapak Anwar Said, S.Si selaku Ketua Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Kendari
  4. Ibu Kepala TK Adi Permai Kendari.
  5. Terima Kasih Kepada semua murid TK Adi Permai Kendari.
  6. Sahabat-sahabatku (Bekti, Ida Fitriani, Dahlia, Tiur, Rina, Junarlin) dan rekan-rekan mahasiswa khususnya program studi S1 PGAUD.
  7. Seluruh teman-teman Asrama Putri (Persahabatan dan kebersamaan kita tak akan kulupakan), buat orang terdekat saya (Ramadhan) yang selalu membantu di dalam penyusunan skripsi dan juga ucapan terimakasih atas perhatiannya selama ini terhadap penulis, Wa Ode Surianti, Hasnawati, Julianti terimakasih atas doanya. Dan juga Rika Astuti, Febriana, Ahmad Alfarezi, Kakak cinta kalian.
Akhir kata penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu, penulis memohon saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaannya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin 


Kendari, Agustus 2014 

Contoh Kata Pengantar Skripsi (2) 

KATA PENGANTAR 

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat serta kasih-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang mengambil judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Kelas X Tahun Ajaran 2013/2014”. 

Tujuan penulisan skripsi ini untuk memenuhi sebahagian syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) bagi mahasiswa program S-1 di program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini. 

Terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak, sehingga pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat penulis menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua pihak yang telah memberikan bantuan moril maupun materil baik langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan skripsi ini hingga selesai, terutama kepada yang saya hormati:
  1. Bapak Prof. Dr. Syaiful Hajar, M.Si selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta.
  2. Bapak Drs. Kuncoro, ME selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
  3. Bapak Drs. Ahmad Thamrin, M.Si selaku Pembantu Dekan 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
  4. Bapak Dr. Andi Arwansyah, M.Si selaku Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
  5. Bapak Drs. Jhonson, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
  6. Bapak Drs. Bonar Sinaga, MS selaku Ketua Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta.
  7. Ibu Dra. Ratna Sriwati, M.Pd, selaku dosen pembinbing skripsi saya yang telah memberikan kritik dan saran bimbingan maupun arahan yang sangat berguna dalam penyusunan skripsi ini
  8. Bapak /Ibu dosen dan staff di lingkungan Fakultas Ekonomi UNJ, khususnya Program Studi Administrasi Perkantoran yang telah banyak membantu kami untuk dapat melaksanakan penulis dalam studi.
  9. Bapak Drs. Silitonga M. Sianturi, selaku Kepala Sekolah SMK Bina Insan Jakarta dan Bapak Imam Teguh, S.Pd selaku wali kelas X.
Teristimewa kepada Orang Tua penulis M. Arsyad dan Purwanti yang selalu mendoakan, memberikan motivasi dan pengorbanannya baik dari segi moril, materi kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Buat sahabat – sahabat saya Sri Astuti, Sri Rahayu, Prayri, dan khususnya “keluarga kecil ku” Ferdi, Anggito, Purnama, Juli dan Sintong dan tidak lupa juga teman-teman saya Panja, Fitri, Nez dan Willi. Dan juga tak lupa buat kakak stambuk ku yang lucu-lucu kak Hamid dan kakak Amel terima kasih atas dukungan dan doanya.
Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi bahan masukan dalam dunia pendidikan. 


Jakarta, September 20.. 


Penulis, 




Albert Alfonso 
NIM. 708123477 


Contoh Kata Pengantar Skripsi (3) 

KATA PENGANTAR 

Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat, rahmat serta karunia-Nya, Penulis dapat menyelesaikan skripsi berjudul : TINJAUAN HUKUM TENTANG KERAHASIAAN PESAN ELEKTRONIK YANG TELAH DIGANTI OLEH ORANG YANG TIDAK BERHAK DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. 

Skripsi ini ditujukan untuk memenuhi salah satu persyaratan ujian guna memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H) pada Jurusan Ilmu Hukum Pidana pada Fakultas Hukum Universitas 10 November Kendari. 

Penulis menyadari dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna, dan banyak kekurangan baik dalam metode penulisan maupun dalam pembahasan materi. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan kemampuan Penulis. Sehingga Penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun mudah-mudahan dikemudian hari dapat memperbaiki segala kekuranganya. 

Dalam penulisan skripsi ini, Penulis selalu mendapatkan bimbingan, dorongan, serta semangat dari banyak pihak. Oleh karena itu Penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pembimbing yang terhormat, yakni Yth. Bapak Dr. Anthon S.H., M.Hum., selaku Dosen Pembimbing, yang telah meluangkan waktunya, tenaga dan pikirannya untuk membimbing Penulis dalam penulisan skripsi ini, selain pembimbing Penulis juga ingin mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada :

  1. Yth. Bapak Dr. Ir. Eddy, M.Sc, selaku Rektor Universitas 10 November
  2. Yth. Bapak Prof . Dr. H . R. Salman S, S.H., selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  3. Yth. Ibu Hetty, S.H., selaku Ketua Jurusan Ilmu Hukum Universitas 10 November;
  4. Yth. Bapak Budi Fitriadi, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  5. Yth. Ibu Arinita S.H., M.Hum, selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  6. Yth. Ibu Rahmani Puspita, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  7. Yth. Ibu Wulansari, S.H, selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  8. Yth. Ibu Maulin, S.H, M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  9. Yth. Bapak Suharimi, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  10. Yth. Ibu Rika Rossilawati R, A.Md., selaku Staf Sekretariat Fakultas Hukum Universitas 10 November;
  11. Seluruh Staf Dosen dan Karyawan Fakultas Hukum Universitas 10 November.
  12. Kedua orangtua yang telah memberikan dorongan dan doa sehingga Penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.
  13. Buat kakak-kakak Qu yang selalu mendukung dan membantu dalam menyelesaikan skripsi ini.
  14. Buat temen-temen angkatan 2005, khususnya Wari, Novi, Krok, Merlin, Ichal, Rikka, Paskal, Billy Andri, palma, Doni.
Akhirnya, Penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak dan apabila ada yang tidak tersebutkan Penulis mohon maaf, dengan besar harapan semoga skripsi yang ditulis oleh Penulis ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penulis sendiri dan umumnya bagi pembaca. Bagi para pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini semoga segala amal dan kebaikannya mendapatkan balasan yang berlimpah dari Tuhan YME, Amiiin. 


Kendari, Juli 20.. 


Penulis 


Contoh Kata Pengantar Laporan 

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kehadirat ALLAH SWT, karena atas perkenanNYA laporan pelaksanaan Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten pada Kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2013 dapat diselesaikan.

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan serta sebagai bentuk pertanggungjawaban Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil kepada pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan, bahwa Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten Tahun Anggaran 2013 telah dilaksanakan.

Pelaksanaan Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten pada kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2013 diuraikan secara jelas pada laporan kegiatan ini, diantaranya : tujuan yang hendak dicapai, sasaran pelaksanaan kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan serta output dari pelaksanaan kegiatan.

Laporan kegiatan ini semoga dapat menjadi bahan evaluasi dan tolok ukur dalam pelaksanaan Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten pada kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2013 dan menjadi bahan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Serang, Juli 2013

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil


H. Hikmat Surahman,SE - NIP.19590504 198203 1 010



Kata Pengantar Laporan Praktikum

KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas hasil laporan Praktikum Kimia ini.

Dalam penyusunannya, saya mengucapkan terimakasih kepada Guru Kimia saya yaitu Bapak Agus yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari laporan praktikum saya ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas makalah praktikum kimia ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya mengucapkan terimakasih, semoga hasil laporan praktikum saya ini bermanfaat.

Surabaya, 28 Februari 2013

Penyusun


Kata Pengantar Laporan Kerja Praktek

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Kerja Praktek ini.

Kerja Praktek ini merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh di Departemen Elektro Politeknik Negeri Bandung. Laporan Kerja Praktek ini disusun sebagai pelengkap kerja praktek yang telah dilaksanakan lebih kurang 1 bulan di PT Astra Jaya Indonesia khususnya di divisi Telekomunikasi.

Dengan selesainya laporan kerja praktek ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Dosen
2. Pimpinan PT Astra Jaya Indonesia
3. Karyawan PT Astra Jaya Indonesia

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

Terimakasih.

Bandung, November 2012

Kata Pengantar Laporan Tugas Akhir

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu‘alaikum wr. Wb.

Alhamdulillah segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “Rancang Bangun Mesin Pengering Pada Mesin Pengering Kacang tanah”. Tugas Akhir ini disusun sebagai persyaratan kelulusan pada Program Studi Teknik Mesin Diploma III FakultasTeknik Universitas Islam “45” Bekasi.

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis banyak mendapat saran, dorongan, bimbingan serta keterangan-keterangan dari berbagai pihak yang merupakan pengalaman yang tidak dapat diukur secara materi, namun dapat membukakan mata penulis bahwa sesungguhnya pengalaman dan pengetahuan tersebut adalah guru yang terbaik bagi penulis. Oleh karena itu dengan segala hormat dan kerendahan hati perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih kepada :

- Bapak Dr. Nandang Nadjmulmunir, Ir,M.S. selaku Rektor Universitas Islam “45” Bekasi.
- Bapak Suhendar, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam “45” Bekasi
- Bapak R. Bagus Suryasa, Ir,M.Si. selaku Kepala Jurusan Teknik Mesin Universitas Islam “45” Bekasi.
- Bapak H. Sugeng, S.T. selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir, dan juga sebagai motivator.
- Kedua orang tua yang selalu memberikan dukungan dan doanya.
- Kakak dan Adik serta Keponakan penulis yang telah memberikan dukungan mental dalam penulisan tugas akhir ini.
- Dambaan Hati yang tidak bisa saya miliki ”Dwi Umiati” Yang selalu membangkitkan semangat jiwa dan ragaku untuk lebih maju dengan jalan positive.
- Seluruh teman–teman Teknik Mesin yang telah memberikan motivasi.
- Semua pihak yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu yang telah terlibat banyak membantu sehingga tugas akhir ini dapat diselesaikan.

Dalam penyusunan tugas akhir ini, penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangan yang dibuat baik sengaja maupun tidak sengaja, dikarenakan keterbatasan ilmu pengetahuan dan wawasan serta pengalaman yang penulis miliki. Untuk itu penulis mohon maaf atas segala kekurangan tersebut tidak menutup diri terhadap segala saran dan kritik serta masukan yang bersifat kontruktif bagi diri penulis.

Akhir kata semoga dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, institusi pendidikan dan masyarakat luas. Amin!

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb


Bekasi, Februari 2010

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

Demikianlah yang kami bahas mengenai Contoh Kata Pengantar Semoga Bermanfaat, Terimakasih


Facebook Twitter Google+
Klo Suka silahkan Share :
Back To Top