RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. MENYIMAK / ISTIMA'
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الســاعة
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu
konteks wacana lisan tentang “as-sa’ah” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara
tepat.
C.
Tujuan Pembelajaran
§
Menyebutkan kosakata kerja yang terdapat
pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang
"jam".
D.
Materi Pembelajaran
§ Bilangan bertingkat
§
Kata Tanya: kam dan mata
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang
berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§ Siswa membaca
berbagai sumber tentang الســاعة
(Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang
telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang
telah didengar
§
Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah
didengar
|
Tes tulis dan
lisan
Tanya jawab
|
Uraian
Uraian
|
§ Buatlah kalimat pertanyaan dengan menggunakan suku kata kam dan mata !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
M. YASIN. S.
Ag.
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs
: MTsN TAMBAKBERAS
JOMBANG
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. MENYIMAK / ISTIMA'
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الســاعة
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang الســاعة
yang meliputi bilangan bertingkat.
C.
Tujuan Pembelajaran
§
Menyebutkan kembali kosakata kerja yang
terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang jam
D.
Materi Pembelajaran
§
Bilangan bertingkat
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang
berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§ Siswa membaca
berbagai sumber tentang الســاعة
(Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang
telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat
yang telah didengar (membedakan bilangan biasa dan bilangan berurutan
§ Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
|
Tes lisan
|
Uraian
|
§ Sebutkan arti dari kata-kata / kalimat tentang “jam” dengan
membedakan bilangan biasa dan bilangan berurutan
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
M. YASIN. S.
Ag.
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. MENYIMAK / ISTIMA'
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الســاعة).
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Memberikan
tanggapan/ respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog
sederhana tentang الســاعة yang meliputi bilangan bertingkat.
C.
Tujuan Pembelajaran
§
Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan
“jam" dengan menggunakan kalimat berstruktur kata bilangan bertingkat
D.
Materi Pembelajaran
§
Kata Tanya: kam dan mata
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang
berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§ Siswa membaca
berbagai sumber tentang الســاعة
(Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang
telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah
didengar
§ Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang
telah didengar
|
Tes tulis dan lisan
|
Uraian
|
§ Buatlah kalimat yang berhubungan dengan “jam" dengan
menggunakan kalimat berstruktur kata bilangan bertingkat !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
M. YASIN. S.
Ag.
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. BERBICARA / KALAM
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
serta informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab tentang الســاعة.
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan
bercerita tentang الســاعة dengan menggunakan media gambar/
alat peraga dan menerapkan kalimat meliputi: kata bilangan bertingkat
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mengidentifikasi alamat seseorang (rumah/kantor/madrasah dll)
§ Mengidentifikasi kata bilangan bertingkat
§
Wawancara tentang alamat tertentu
D.
Materi Pembelajaran
§ Bilangan bertingkat
§
Kata Tanya: كم
, متى , فى
أي / أي
ساعة ...
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang
berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§ Siswa membaca
berbagai sumber tentang الســاعة
(Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang
telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
§ Menggunakan / mengucapkan
Mufrodat dengan tepat dalam
berbagai kalimat
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Uraian
|
§ Buatlah kalimat tentang alamat seseorang !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
. M. YASIN. S.
Ag.
.........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. BERBICARA / KALAM
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
serta informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab tentang الســاعة.
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Melakukan tanya
jawab dengan lancar dan tepat tentang الســاعة
dengan menggunakan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi kata bilangan
bertingkat
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mengidentifikasi alamat seseorang (rumah/kantor/ madrasah
dll)
§ Mengidentifikasi kata bilangan bertingkat
§
Wawancara tentang alamat tertentu
D.
Materi Pembelajaran
§ Bilangan bertingkat
§ Kata
Tanya: كم
, متى
, فى
أي
/ أي
ساعة
...
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan
dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§ Siswa membaca
berbagai sumber tentang الســاعة
(Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang
telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; كم , متى , فى أي / أي ساعة ...
§ Menanggapi berbagai pertanyaan dengan tepat
§ Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat dan benar atau,
§ Menyebutkan /
bercerita dengan tepat dan benar
secara terstruktur/terbimbing sesuai
tema
|
Tanya jawab
Diskusi kelompok
Demonstarsi
|
Uraian
Uraian
|
§ Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya meliputi; كم , متى , فى أي / أي ساعة
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
. M. YASIN. S.
Ag.
.........................................
NIP.
|