Pages

Portal Berbagi : Contoh Makalah, Contoh Surat, Contoh Proposal dan Materi Agama, Sejarah, dan contoh artikel

Contoh Silabus Mata Pelajaran Geografi Untuk Paket C Program IPS

Contoh Silabus Mata Pelajaran Geografi Untuk Paket C Program IPS



A.          Latar Belakang

Geografi merupakan ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong  peningkatan kehidupan. Lingkup bidang kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman  mempengaruhi persepsi manusia  tentang tempat dan wilayah.
Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada Paket A dan B mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada Paket C diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri. 

B.           Tujuan

Mata pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
2.      Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi
3.      Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat



C.          Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar Geografi
2.      Konsep dan karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran spasialnya
3.      Jenis, karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya
4.      Karakteristik, unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan pelestariannya
5.      Kajian wilayah  negara-negara maju dan sedang berkembang
6.      Konsep wilayah dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi
7.      Pengetahuan dan keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.

D.          Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran

1.      Memahami hakikat, objek, ruang lingkup, struktur, dan pendekatan Geografi
2.      Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan memanfaatkannya dalam mengkaji geosfer
3.      Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai wahana memvisualkan geosfer
4.       Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
5.      Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya dalam kaitannya dengan kehidupan di muka bumi
6.      Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif
7.      Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
8.      Menganalisis konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitannya dengan perencanaan pembangunan wilayah, pedesaan dan perkotaan, serta negara maju dan berkembang




E.           Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar



Tingkatan      :  V

Derajat           :  Mahir 1
Setara             :  Kelas X  SMA/MA
Bobot  SKK    :  1


 
 










Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

1.      Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek  geografi

            Menjelaskan konsep geografi
            Menjelaskan pendekatan geografi
            Menjelaskan prinsip geografi
            Mendeskripsikan aspek geografi

2.      Memahami sejarah pembentukan bumi
            Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
            Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya

3.      Menganalisis unsur-unsur geosfer
            Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
            Menganalisis atmosfer dan dampaknya  terhadap kehidupan di muka bumi
            Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi








Tingkatan      :  VI

Derajat           :  Mahir 2
Setara             :  Kelas XI  s.d  XII  SMA/MA
Bobot  SKK    :  7



 
 






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.         Menganalisis  fenomena biosfer dan antroposfer


            Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
            Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
            Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
            Menganalisis aspek kependudukan  
2.         Memahami Sumber Daya Alam
            Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam
            Mengidentifikasi jenis-jenis Sumber Daya Alam
            Menjelaskan pemanfaatan Sumber Daya Alam secara arif
3.         Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup

            Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
            Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
4.         Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan



            Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
            Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
            Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan memanfaatan peta
5.         Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) *)
            Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh.
            Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)

*) dilaksanakan sesuai dengan kondisi di Satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan.


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6.            Menganalisis  wilayah dan pewilayahan
             Menganalisis  pola persebaran, spasial, hubungan, serta interaksi spasial antara desa dan kota
             Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
             Menganalisis wilayah dan pewilayahan negara maju dan berkembang

F.           Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat kompetensi dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



Facebook Twitter Google+
Klo Suka silahkan Share :
Back To Top