Contoh Silabus Mata Pelajaran Geografi Untuk Paket C Program IPS
A.
Latar
Belakang
Geografi merupakan ilmu
untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Lingkup bidang
kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia
sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi
manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang
membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta
interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi
memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan
dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Mata
pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang
variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka
bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang
membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di
permukaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif
untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman
mempengaruhi persepsi manusia
tentang tempat dan wilayah.
Pengetahuan,
keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi
diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak
cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi,
dan ekologis. Pada Paket A dan B mata pelajaran Geografi diberikan sebagai
bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada Paket C
diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
B.
Tujuan
Mata
pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1.
Memahami pola spasial,
lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
2.
Menguasai keterampilan dasar
dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan
pengetahuan geografi
3.
Menampilkan perilaku peduli
terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta
memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat
C.
Ruang
Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Konsep dasar, pendekatan,
dan prinsip dasar Geografi
2. Konsep dan karakteristik
dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer,
hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran spasialnya
3. Jenis, karakteristik,
potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya
4. Karakteristik,
unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup,
pemanfaatan dan pelestariannya
5. Kajian wilayah negara-negara maju dan sedang berkembang
6. Konsep wilayah dan
pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam
analisis geografi
7. Pengetahuan dan
keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi
Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.
D.
Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1.
Memahami hakikat, objek, ruang lingkup, struktur, dan
pendekatan Geografi
2.
Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan memanfaatkannya
dalam mengkaji geosfer
3.
Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai wahana
memvisualkan geosfer
4.
Menganalisis
dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
5.
Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya dalam
kaitannya dengan kehidupan di muka bumi
6.
Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif
7.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
8.
Menganalisis konsep wilayah dan pewilayahan dalam
kaitannya dengan perencanaan pembangunan wilayah, pedesaan dan perkotaan, serta
negara maju dan berkembang
E.
Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami konsep,
pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
|
Menjelaskan konsep geografi
Menjelaskan pendekatan geografi
Menjelaskan prinsip geografi
Mendeskripsikan aspek geografi
|
2. Memahami sejarah
pembentukan bumi
|
Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya
|
3. Menganalisis
unsur-unsur geosfer
|
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
di muka bumi
|
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menganalisis
fenomena biosfer dan antroposfer
|
Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
Menganalisis aspek kependudukan
|
2.
Memahami Sumber Daya Alam
|
Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam
Mengidentifikasi jenis-jenis Sumber Daya Alam
Menjelaskan pemanfaatan Sumber Daya Alam secara arif
|
3.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan
hidup
|
Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam
kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam
kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
4.
Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
|
Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan
pemetaan
Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan
memanfaatan peta
|
5.
Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan
Sistem Informasi Geografis (SIG) *)
|
Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh.
Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis
(SIG)
|
*) dilaksanakan sesuai
dengan kondisi di Satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan
kesetaraan.
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Menganalisis
wilayah dan pewilayahan
|
Menganalisis
pola persebaran, spasial, hubungan, serta interaksi spasial antara
desa dan kota
Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan
pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
Menganalisis wilayah dan pewilayahan negara maju dan
berkembang
|
F.
Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat
kompetensi dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang
sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.