PERTANYAAN-PERTANYAAN DAN JAWABAN
1)
Dari : Mia Hermayanti Kelompok 1
Proses
pembelajarannya bagaimana?
Jawab:
a.
Kegiatan awal
-
Mengkondisikan ruang belajar
-
Mengkondisikan siswa/ mengelompokkan siswa
-
Berdo’a sebelum memulai pelajaran
-
Menyiapkan materi pelajaran
b.
Kegiatan inti
-
Memperkenalkan karya sastra misalnya sebuah drama
-
Membacakan terlebih dahulu contoh teks drama dengan penghayatan dan
ekspresi yang sesuai
-
Menyuruh siswa untuk membacakan dialog teks drama tersebut sesuai
dengan kelompoknya masing-masing
-
Bertanya kepada siswa mengenai tingkasan dialog teks drama tesebut
-
Menelaah dan mengkaji bersama-sama mengenai dialog teks drama
tersebut
-
Guru memberikan penjelasan mengenai isi dan pesan dari dialog teks
drama tersebut
c.
Kegiatan akhir
-
Memberikan pekerjaan rumah berupa membuat dialog teks drama dengan
tema yang berbeda-beda
-
Melakukan evaluasi dan penilaian
2)
Dari Elsa Mariana Kelompok 2
Seperti
apakah bentuk-bentuk eksplisit dan implisit dan kemampuan apa yang diharapkan?
Jawab : bentuk
eksplisit yaitu seperti dongen drama, dll.
Eksplisit ini merupakan bentuk karya sastra yang maknanya tersurat
(mudah atau bisa langsung dipahami siswa setelah siswa menyimak dan
membacanya).
Sedangkan bentuk implisif yaitu seperti puisi, syair, sajak, dll.
Implisit ini merupakan bentuk karya sastra yang mengandung makna tersirat
(kiasan) dimana anak dituntut untuk memahami secara mendalam karya tersebut.
Kemampuan yang diharapkan yaitu siswa memiliki keterampilan
berbahasa yang mencakup menyimak, membaca menulis dan berbicara. Selain itu
juga siswa diharapkan dapt mengembangkan kompetensi dan kemampuannya supaya
dapat menafsirkan bentuk-bentuk linguistik baik yang berbentuk eksplisit maupun
implisit.
3)
Dari : Etih Suryani Kelompok 4
Bagaimana cara
mengatasi siswa yang sulit mengungkapkan pikirannya.
Jawab
:
dengan cara melatih siswa secara terus-menerus mengungkapkan segala
imajinasi atau pengalamannya, baik itu melalui tulisan (karangan bebas) ataupun
lisan.
Dari hal tersebut guru dapat mengetahui bagaimana menghadapi atau
mencari solusi bagi siswa yang memiliki kesulitan dalam mengungkapkan
pikirannya.
4)
Dari : Novi Riani Kelompok 5
Apa
kelebihan dan kelemahan dari pendekatan kumunikatif?
Jawab :
kelebihannya
yaitu :
a.
Mengembangkan keterampilan menggunakan bahasa secara bermakna yang
bersifat humanis, yakni menempatkan siswa pada posisi aktif.
b.
Penyajian materi dan kegiatan belajar berorientasi pada siswa
c.
Bisa mengembangkan prosedur-prosedur bagi empat keterampilan berbahasa
yang mencakup menyimak, membaca, menulis dan berbicara.
d.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemahiran dan
memenuhi kebutuhan berbahasanya.
e.
Bisa mengungkapkan dan memahami sikap emosional maupun moral.
Kelemahannya
yaitu :
Apabila seorang guru sulit atau tidak mempunyai kemampuan
menyampaikan materi secara menarik ataupun kurang mampu memberikan stimulus
terutama dalam berkomunikasi dengan peserta didik maka pembelajaran melalui
pendekatan komunikatif ini siswa akan sulit merespon materi yang disampaikan.
5)
Dari : Neng Elin Kelompok 6
Maksud
penguasaan bahasa yang komunikatif
Jawab
:
maksudnya ialah pembelajaran ini mengarahkan siswa untuk menguasai
bahasa-bahasa dalam konteks komunikasi nyata dan penugasan yang bermakna bagi
siswa yang bersifat humanis yakni menempatkan siswa pada posisi aktif untuk
menafsirkan bentuk-bentuk linguistik baik itu bentuk eksplisit maupun implisit.